Memahami Delusi dalam Skizofrenia

Memahami Delusi dalam Skizofrenia
Memahami Delusi dalam Skizofrenia

Berpikir delusi mengacu pada kombinasi dari:
  1. Ide dan pemikiran yang kaku
  2. Tidak didukung oleh bukti (atau bukan berdasarkan realitas)
  3. Tidak dibagikan oleh orang lain dengan latar belakang dan nilai budaya yang sama
Ketiga karakteristik ini - kekakuan dalam keyakinan, kurangnya bukti yang mendukung keyakinan ("pengujian realitas yang buruk"), dan identifikasi keyakinan sebagai aneh dan bertentangan dengan kenyataan oleh orang-orang dalam budaya yang sama - adalah bagian penting dari definisi.

Sementara keyakinan paranoid adalah tipe pemikiran delusional yang paling sering terlihat pada skizofrenia, orang dengan skizofrenia juga melaporkan pengalaman delusional jenis lain.

Delusi (Gagasan) Referensi

Ide referensi dimanifestasikan sebagai perasaan bahwa peristiwa atau keadaan netral bermakna atau signifikan. Lagu-lagu di radio dimaksudkan untuk menyampaikan pesan berkode; pembaca berita di TV berbicara langsung kepada Anda; tiga mobil di persimpangan sinyal kepada Anda bahwa ada tiga hari sebelum Coming.

Delusi Keagungan (Grandiose Delusions)

Anda merasa memiliki kekuatan khusus seperti kekuatan membaca pikiran orang lain (telepati), kekuatan meramal masa depan, kekuatan mengubah nasib orang lain. Atau Anda mungkin merasa memiliki bakat luar biasa dalam sains dan seni, pada tingkat yang pasti akan membawa Anda Hadiah Nobel berikutnya. Atau Anda mungkin merasa bahwa Anda adalah sosok yang sangat penting: seorang pemimpin politik, seorang nabi, atau bahkan inkarnasi tokoh sejarah terkenal seperti Yesus Kristus atau raja atau kaisar masa lalu. Atau, Anda mungkin merasa bahwa Anda memiliki hubungan pribadi dengan orang penting atau terkenal (misalnya penasihat pribadi untuk Presiden; teman pribadi seorang selebritas).

Secara umum, delusi keagungan disebut "megalomania" meskipun ini akan menjadi istilah yang lebih tepat untuk ideologi megah yang dapat dilihat dalam gangguan manik-depresif (bipolar).

Delusi Kontrol

Anda merasa bahwa pikiran, suasana hati, atau tindakan Anda dikendalikan oleh kekuatan luar. Pikiran Anda terasa seolah bukan milik Anda melainkan ditanamkan di benak Anda: "Mereka membuat saya memikirkan pikiran-pikiran ini". “Saya merasakan kegembiraan tetapi itu bukan saya; mereka memaksakan perasaan ini pada saya ”. “Anda melihat tangan saya bergerak tetapi saya tidak mengendalikannya; itu dikendalikan dari luar. ”

Delusi Somatik

Anda merasa ada sesuatu yang jelas salah dengan tubuh Anda. Perasaan yang datang dari tubuh Anda cenderung aneh: "Tubuh saya membusuk" atau "Saya memiliki tumor yang saya rasa tumbuh di dalam" atau "Ada tikus yang memakan otak saya." Keyakinan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda adalah sangat kuat dan biasanya dipertahankan terlepas dari pendapat dokter dan tes medis negatif.

Delusi Agama

Anda merasa bahwa Anda memiliki komunikasi khusus dengan Tuhan sampai pada titik bahwa Anda dipilih sebagai salah satu utusan atau nabi khusus-Nya. Atau, Anda mungkin merasa dimiliki oleh Iblis atau entitas spiritual jahat. Dalam prakteknya, keyakinan delusi agama tumpang tindih dengan ideologi muluk seperti "Saya dipilih" atau "Akulah Juru Selamat" dan pengalaman halusinasi seperti mendengar suara Tuhan langsung berbicara kepada Anda atau mengalami sensasi fisik dari entitas spiritual yang mengambil alih tubuh Anda.

Artikel Terkait

Memahami Delusi dalam Skizofrenia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email