Proses Pemikiran Abnormal dalam Skizofrenia

Proses Pemikiran Abnormal dalam Skizofrenia
Proses Pemikiran Abnormal dalam Skizofrenia

Sebagian berpendapat bahwa berpikir adalah esensi dari apa yang membuat kita manusia. Dalam arti tertentu, berpikir mengacu pada kemampuan individu untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah. Dalam arti yang lebih luas, berpikir mengacu pada totalitas pengalaman yang terjadi di dalam pikiran seseorang. Ini termasuk pikiran tetapi juga emosi, sensasi, ingatan, dan fantasi, yang merupakan blok bangunan penting dari pemikiran "fungsi." "Berpikir yang masuk akal" biasanya mengimplikasikan bahwa blok pemikiran membangun memiliki hubungan yang dapat dipahami dengan dunia di luar sana.

Pemikiran Konten vs. Proses Pemikiran

Berpikir jauh dari sederhana, jumlah statis dari komponen-komponen ini. Sebenarnya, berpikir adalah proses yang menghubungkan semua "pemikiran blok" yang berbeda dengan cara yang masuk akal untuk individu dan dunia. Sementara yang diperlukan, blok bangunan yang masuk akal tidak cukup untuk membuat "pemikiran yang sehat," menyiratkan bahwa blok pemikiran yang mendasari disejajarkan secara teratur, biasanya ditentukan oleh atribut seperti "logis" dan "diarahkan pada tujuan."

Maka masuk akal untuk mencoba memahami pemikiran dari dua perspektif:
  1. Pikiran konten
  2. Proses berpikir
Artikel lain membahas kelainan isi pikiran dalam skizofrenia, yang biasanya termasuk persepsi sensorik yang abnormal, seperti halusinasi pendengaran (mendengar suara dan suara yang tidak didasarkan pada kenyataan), atau delusi (ide-ide yang kaku, kaku, dan dibenarkan sendiri yang bertentangan dengan kenyataan).

Artikel ini berfokus pada kelainan proses berpikir dalam skizofrenia.

Apa itu Proses Pemikiran?

Proses berpikir mengacu pada bagaimana membangun batu bata pemikiran (pikiran, emosi / perasaan, sensasi - termasuk rasa diri, ingatan dan fantasi) saling terkait satu sama lain. Dari perspektif proses, pemikiran normal adalah logis, koheren, dan diarahkan pada tujuan. Sederhananya, itu masuk akal. Sayangnya, normalitas ini jarang dijumpai pada pasien yang menderita skizofrenia. Bahkan, skizofrenia sering disebut sebagai "gangguan pikiran formal" karena pemikiran yang tidak teratur atau tidak logis adalah salah satu tanda yang lebih umum.

Distractibility, Circumstantial Thinking, dan Tangential Thinking

Untuk beberapa pasien, tingkat “gangguan pikiran” adalah ringan yang menyebabkan gangguan:

"Lalu aku meninggalkan San Francisco dan pindah ke ... darimana kau mendapatkan dasi itu?" (Andreasen 1986).

Atau, koneksi mungkin terlalu inklusif, yang mengarah ke kesan bahwa pikiran individu berputar-putar sebelum akhirnya menuju ke titik, proses yang disebut pemikiran mendalam. Andreasen memberi contoh seorang pasien, yang sebagai tanggapan untuk mulai bertanya “Siapa nama Anda?” Menyatakan:

"Yah, kadang-kadang ketika orang bertanya kepada saya, saya harus memikirkan apakah saya akan menjawab atau tidak karena beberapa orang berpikir itu adalah nama yang aneh meskipun saya tidak benar-benar karena ibu saya memberikannya kepada saya dan saya pikir ayah saya membantu tetapi itu seperti nama yang bagus seperti dalam pendapat saya tapi ya itu Tom "(Andreasen 1986).

Pemikiran yang tidak teratur juga termasuk pemikiran tangensial, terlihat ketika pikiran terus terhubung tetapi dengan cara yang agak dangkal atau tangensial:

“Saya benar-benar marah ketika saya mengantre di toko kelontong. Saya tidak tahan garis. Menunggu dan menunggu. Saya menunggu lama untuk mendapatkan lisensi drive saya. Berkendara hari-hari ini hanya gila. "

Derailment, Asosiasi Longgar, dan Asosiasi Clang

Dalam kasus-kasus pemikiran yang sangat tidak teratur, pikiran kehilangan hampir semua koneksi dengan satu sama lain, mereka menjadi terputus dan terputus-putus, menyebabkan apa yang disebut dokter sebagai penggelinciran atau asosiasi longgar. Istilahnya sudah cukup jelas: proses berpikir sering terputus, ditandai oleh asosiasi yang sangat lemah atau longgar:

"Saya selalu menyukai geografi. Guru terakhir saya dalam mata pelajaran itu adalah Profesor Agustus A. Dia adalah seorang pria dengan mata hitam. Saya juga suka mata hitam. Ada juga mata biru dan abu-abu dan jenis lainnya, juga ..." (Bleuler 1911 ⁄ 1950 ).

Suatu kasus khusus dari asosiasi longgar adalah ketika individu asosiasi tidak berhubungan konsep berdasarkan fakta bahwa mereka berima, suatu proses berpikir kelainan yang digambarkan sebagai asosiasi clang. Kadang-kadang, kata-kata yang dibuat-buat atau neologisme sering muncul:

"Aku sangat marah, aku mengambil piring dan melemparkannya ke pemakan api." (Andreasen 1986)

Ketidaklogisan

Dalam kasus yang sangat parah, hanya struktur kata yang dipertahankan tetapi tidak ada koneksi antara kata-kata. Tidak mungkin untuk memahami pemikiran individu; jenis kelainan proses berpikir ini disebut inkoherensi atau kata salad:

Untuk pertanyaan "Mengapa orang menyisir rambut mereka?" Andreasen melaporkan bahwa seorang pasien menyatakan:

"Karena itu berputar dalam kehidupan, kotak saya rusak, bantu saya gajah biru. Bukankah selada itu berani? Saya suka elektron. Halo, cantik." (Andreasen 1986)

Dalam skizofrenia, pikiran tidak teratur diklasifikasikan sebagai salah satu gejala positif.

Sementara beberapa tingkat gangguan proses berpikir dalam terlihat pada banyak individu dengan skizofrenia, gangguan pikiran juga terlihat pada individu dengan masalah kejiwaan lainnya, terutama individu dengan autisme berat, mania berat, dan depresi berat.

Artikel Terkait

Proses Pemikiran Abnormal dalam Skizofrenia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email