Apa itu Halusinasi?

Apa itu Halusinasi?
Apa itu Halusinasi?

Kata halusinasi berasal dari bahasa Latin dan berarti "mengembara secara mental." Halusinasi telah didefinisikan sebagai "persepsi dari objek atau peristiwa yang tidak ada" dan "pengalaman sensorik yang tidak disebabkan oleh rangsangan dari organ indera yang relevan."

Dalam istilah awam, halusinasi melibatkan pendengaran, melihat, merasakan, mencium, atau bahkan merasakan hal-hal yang tidak nyata. Namun, halusinasi pendengaran, mendengar suara atau suara lain yang tidak memiliki sumber fisik, adalah tipe yang paling umum.

Halusinasi Bisa Terjadi Dengan Bipolar Disorder

Halusinasi paling sering dikaitkan dengan skizofrenia. Namun, mereka juga dapat terjadi ketika Anda memiliki gangguan bipolar ketika baik depresi atau mania Anda memiliki fitur atau gejala psikotik, yang termasuk halusinasi dan delusi. Kadang-kadang orang dengan gangguan bipolar salah didiagnosis dengan skizofrenia karena mereka mungkin memiliki gejala psikotik.

Halusinasi adalah salah satu karakteristik yang mungkin terutama gangguan bipolar I, baik dalam mania maupun depresi. Dalam bipolar II, halusinasi dapat terjadi hanya selama depresi. Cyclothymia menurut definisi tidak termasuk kehadiran halusinasi. Jika Anda mengalami halusinasi dan / atau delusi, kemungkinan besar Anda telah didiagnosis dengan gangguan bipolar dengan fitur psikotik.

Jenis-Jenis Halusinasi

Ada lima jenis halusinasi, termasuk:
  • Auditory: Ini adalah jenis halusinasi yang paling umum. Anda mungkin mendengar suara atau suara yang tidak dapat dilakukan orang lain.
  • Visual: Anda mungkin melihat orang, warna, bentuk, atau item yang tidak nyata. Ini adalah jenis halusinasi yang paling umum kedua.
  • Perabotan: Anda mungkin merasakan sensasi atau merasa disentuh saat tidak. Ini dapat mencakup perasaan bug merangkak di seluruh Anda atau di bawah kulit Anda. Halusinasi ini jarang terjadi pada gangguan bipolar.
  • Penciuman: Anda mencium sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain dan tidak memiliki sumber fisik. Jenis ini kurang umum daripada visual dan pendengaran.
  • Rasa: Anda memiliki rasa di mulut Anda yang tidak memiliki sumber. Ini adalah jenis halusinasi yang paling langka.

Penyebab Halusinasi Lainnya

Tidak hanya halusinasi yang terjadi pada skizofrenia dan gangguan bipolar, hal ini dapat terjadi pada keadaan fisik dan psikologis ini juga:
  • Gangguan skizoafektif
  • Migrain
  • Epilepsi
  • Penarikan alkohol atau obat-obatan
  • Penyakit telinga tengah atau dalam
  • Pukulan
  • Penyakit saraf pendengaran
  • Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
  • Gangguan identitas disosiatif
  • Gangguan neurologis
  • Glaukoma
  • Penyakit oftalmik
  • Kurang tidur
  • Menggunakan halusinogen
  • Narkolepsi
  • Kondisi metabolik

Contoh Halusinasi

Berikut ini pengalaman dua orang tentang halusinasi:

"Saya tidak melihat kelinci kartun merah muda, tapi kadang-kadang ketika saya manic saya pikir saya melihat hal-hal seperti gerak secara periferal di mana tidak ada atau barang bergerak dalam refleksi di cermin. Saya pikir saya mendengar nama saya atau aneh, potongan jelas dari Ini membuat saya paranoid dan kemudian saya melihat lebih banyak barang, tetapi saya sebenarnya tidak melihat apa-apa. Ini lebih seperti kedutan visual atau auditori. "

"Saya telah mengalami halusinasi selama depresi yang melibatkan melihat mati, membusuk daging di wajah orang. Saya juga memiliki halusinasi pendengaran (yaitu, mendengar 'suara-suara') selama episode campuran. Suara-suara memiliki suara berdengung, dan sepertinya ada ribuan dari mereka. Mereka berbicara tentang saya, tetapi saya tidak bisa mengerti apa yang mereka katakan. Dan kadang-kadang, meski sangat gelisah, saya pikir saya mendengar suara yang membisikkan nama saya. "

Artikel Terkait

Apa itu Halusinasi?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email