Keyakinan Irasional dan Gangguan Panik

Keyakinan Irasional dan Gangguan Panik
Keyakinan Irasional dan Gangguan Panik

Penderita gangguan panik sering berjuang dengan keyakinan irasional. Memiliki sistem kepercayaan yang salah dapat meningkatkan pengalaman Anda dengan kecemasan, serangan panik, dan gejala lain yang berhubungan dengan panik. Baca lebih lanjut untuk mempelajari lebih lanjut tentang keyakinan irasional dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Dari mana Sistem Keyakinan Anda Berasal?

Satu teori tentang bagaimana kita memandang dunia dan bertindak di dalamnya adalah hasil dari sistem kepercayaan kita yang mendasarinya. Sistem keyakinan ini berkembang dari anak usia dini, berdasarkan masukan dari orang-orang penting dalam hidup kita dan pengalaman hidup kita sendiri. Namun, mengembangkan sistem kepercayaan tidak selalu merupakan proses yang rasional karena asumsi kita sering didasarkan pada masukan logis dan tidak logis.

Keyakinan yang Tidak Setara dan Mengalahkan Diri Sendiri

Albert Ellis, seorang psikolog Amerika yang dianggap sebagai kakek dari cognitive behavioral therapy (CBT), mengidentifikasi tiga keyakinan irasional dasar yang mengarah pada kekalahan-diri:
  • "Aku harus melakukannya dengan baik dan memenangkan persetujuan orang lain atau aku tidak baik."
  • "Orang lain harus memperlakukan saya dengan adil dan adil, atau mereka tidak baik dan pantas dihukum dan dihukum."
  • “Saya harus mendapatkan apa yang saya inginkan, ketika saya menginginkannya. Jika saya tidak mendapatkan apa yang saya inginkan, itu mengerikan dan tidak dapat ditoleransi. ”
Katakanlah Anda mengalami emosi seperti kesedihan, depresi, atau bahkan kemarahan karena ketidakmampuan Anda untuk menghadiri fungsi sosial karena Anda takut mengalami serangan panik. Ketakutan Anda memiliki serangan panik di pertemuan sosial dapat terjadi seperti ini:
  • "Jika saya memiliki serangan panik dan harus pergi, orang akan berpikir saya gila."
  • "Saya tidak bisa membiarkan siapa pun mengetahui saya memiliki gangguan panik. Saya harus merahasiakan kepanikan atau orang-orang akan kurang memikirkan saya."
  • "Jika aku mengalami serangan panik saat di acara itu, aku akan sangat malu sehingga aku tidak akan pernah bisa menghadapi siapa pun lagi."
Mungkin itu bukan antisipasi kepanikan yang menyebabkan kekacauan batin Anda, melainkan sistem kepercayaan Anda yang mendasari tentang penolakan atau kegagalan. Sebagai contoh:
  • "Aku harus selalu memiliki persetujuan orang lain atau aku tidak berharga."
  • "Jika seseorang menolak saya, saya gagal."
  • "Aku harus sempurna agar orang lain menyukaiku."
  • "Saya harus sukses."
  • "Saya seharusnya tidak pernah menunjukkan kelemahan atau orang-orang akan kurang memikirkan saya."
  • "Aku harus mendapatkan hal-hal yang aku inginkan atau aku merasa tidak berharga."

Mengubah Keyakinan Irasional

Sebelum kita dapat mengubah keyakinan irasional kita, pertama-tama kita harus menemukan apa itu. Mendeteksi keyakinan irasional bukanlah tugas yang mudah karena mereka telah diinternalisasi. Untuk memperselisihkan dan mengubah keyakinan irasional, kita harus melakukan proses pendeteksian dan debat.

Mendeteksi - Adalah umum untuk sistem kepercayaan yang mendasari memiliki batas yang agak kaku. Seringkali keyakinan irasional dilakukan dalam bentuk tuntutan "harus," "harus" dan "seharusnya" yang kita tempatkan pada diri kita sendiri atau orang lain. Sebagai contoh:

Perdebatan - Sekarang Anda telah mengidentifikasi keyakinan Anda, inilah waktunya untuk berdebat. Apakah mereka logis? Apakah masuk akal bahwa Anda harus selalu berhasil? Apakah mereka realistis? Bagaimana Anda tahu orang-orang akan berpikir kurang dari Anda jika mereka tahu tentang perjuangan Anda dengan gangguan panik?

Cara Berpikir Baru

Mengubah keyakinan irasional Anda mengarah pada cara berpikir baru tentang diri Anda, orang lain, dan lingkungan Anda. Perubahan-perubahan dalam pemikiran Anda akan menyebabkan perubahan dalam perilaku dan perasaan Anda. Cara berpikir Anda yang baru memungkinkan Anda mencapai tingkat penerimaan ketidaksempurnaan yang dulu begitu meresahkan. Ketika Anda terus menantang dan memperdebatkan keyakinan irasional Anda, mereka kehilangan kekuatan, dan Anda menjadi bebas dari konsekuensi emosional mereka.

Artikel Terkait

Keyakinan Irasional dan Gangguan Panik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email