Bagaimana Orang-Orang Produktif Memilah Waktu Mereka?

Bagaimana Orang-Orang Produktif Memilah Waktu Mereka?
Memilah Waktu

Saya tidak pernah percaya orang dilahirkan produktif atau terorganisir. Menjadi terorganisir dan produktif adalah sebuah pilihan.

Anda memilih untuk mengatur barang-barang Anda tetap teratur atau Anda tidak. Anda memilih untuk melanjutkan pekerjaan Anda dan mengabaikan gangguan atau Anda tidak.

Tetapi satu keterampilan yang sangat produktif tampaknya tidak dimiliki oleh orang lain adalah kemampuan untuk melakukan kompartementalisasi. Dan itu membutuhkan keterampilan dan latihan.

Apa itu kompartementalisasi

Untuk mengotak-ngotakkan berarti Anda memiliki kemampuan untuk menutup semua gangguan dan pekerjaan lain kecuali untuk pekerjaan di depan Anda. Tidak ada yang melewati penghalang Anda.

Dalam psikologi, kompartementalisasi adalah mekanisme pertahanan yang digunakan otak kita untuk menutup peristiwa traumatis. Kami menutup semua pemikiran tentang peristiwa traumatis. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) jika tidak ditangani dengan benar.

Namun, kompartementalisasi dapat digunakan dengan cara positif untuk membantu kita menjadi lebih produktif dan memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang penting bagi kita.

Robin Sharma, pelatih kepemimpinan terkenal, menyebutnya sebagai Gelembung Ketat dari Strategi Fokus Total. Di sinilah dia menutup semua gangguan, mematikan teleponnya dan pergi ke tempat yang tenang di mana tidak ada yang akan mengganggunya dan melakukan pekerjaan yang ingin dia fokuskan. Dia tidak mengizinkan apa pun untuk datang di antara dirinya sendiri dan pekerjaan yang ia kerjakan dan membanggakan dirinya karena hampir tidak bisa dihubungi.

Yang lain menyebutnya pekerjaan yang dalam. Ketika saya ingin fokus pada karya tertentu, saya mematikan semuanya, menyalakan podcast musik favorit saya The Anjunadeep Edition (musik elektronik yang lembut dan eklektik) dan fokus pada konten yang ingin saya kerjakan. Ia bekerja, dan itu memungkinkan saya untuk mendapatkan sejumlah besar konten yang dihasilkan setiap minggu.

Pokok utama tentang kompartementalisasi adalah bahwa tidak peduli apa pun yang terjadi dalam hidup Anda - Anda bisa melalui masa-masa sulit dalam hubungan Anda, bisnis Anda bisa tenggelam dalam kebangkrutan atau Anda baru saja bertengkar dengan rekan Anda; Anda dapat menutup hal-hal itu dari pikiran Anda dan fokus sepenuhnya pada pekerjaan yang perlu dilakukan.

Pikiran Anda melihat benda-benda sebagai kamar terpisah dengan pintu yang dapat ditutup, sehingga Anda dapat memasuki ruangan mental, menutup pintu dan memiliki fokus penuh pada apa pun yang ingin Anda fokuskan. Pikiran Anda tidak berkeliaran.

Mampu mencapai keadaan ini dapat secara serius meningkatkan produktivitas Anda. Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan berkualitas dan Anda menemukan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Ini adalah keterampilan yang layak dikuasai untuk manfaat yang akan membawa Anda.

Bagaimana mengembangkan keterampilan kompartementalisasi

Cara paling sederhana untuk mengembangkan keterampilan ini adalah menggunakan kalender Anda.

Kalender Anda adalah alat paling kuat yang Anda miliki di kotak peralatan produktivitas Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memblokir waktu, dan itu dapat memfokuskan Anda pada pekerjaan yang perlu dilakukan.

Kalender saya memungkinkan saya untuk memblokir waktu sehingga saya dapat menyingkirkan semua hal lain dari pikiran saya untuk fokus pada satu hal. Ketika saya memiliki waktu yang dijadwalkan untuk menulis, saya tahu apa yang ingin saya tulis dan saya duduk dan pikiran saya sepenuhnya berfokus pada tulisan.

Tidak ada yang terjadi di antara saya, pikiran saya dan keyboard. Saya berada di kompartemen menulis saya dan di sanalah saya ingin berada. Apa pun yang terjadi di sekitar saya, seperti masalah dengan seorang siswa, kesulitan dengan bidang bisnis saya atau pertikaian dengan istri saya diblokir.

Pahami bahwa terkadang tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang suatu masalah

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan memahami ada saat-saat ketika tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang suatu masalah atau bidang kehidupan Anda. Sebagai contoh, jika saya memiliki seorang siswa dengan masalah, kecuali saya dapat berkomunikasi dengan siswa itu pada waktu tertentu, tidak ada yang dapat saya lakukan.

Jika saya dapat membantu siswa, saya akan menjadwalkan pertemuan dengan siswa untuk membantu mereka. Tetapi antara sekarang dan pertemuan yang dijadwalkan tidak ada yang bisa saya lakukan. Jadi, saya memblokirnya.

Pertemuan dijadwalkan di kalender saya dan saya akan ada di sana. Sampai saat itu, tidak ada yang bisa saya lakukan.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan "Apakah ada yang bisa saya lakukan sekarang?"

Ini adalah cara yang sangat ampuh untuk membantu Anda memilah-milah masalah ini.

Jika ada, fokuskan semua perhatian Anda pada hal itu untuk mengesampingkan semua hal lainnya sampai Anda memiliki solusi yang bisa diterapkan. Jika tidak, hentikan itu, jadwalkan waktu ketika Anda dapat melakukan sesuatu tentang itu dan lanjutkan ke bagian pekerjaan berikutnya yang perlu Anda kerjakan.

Mampu mengelompokkan membantu produktivitas dengan cara lain. Ini mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan mengkhawatirkan.

Mengkhawatirkan sesuatu adalah pemborosan energi yang tidak pernah memecahkan apa pun. Mampu memblokir masalah yang tidak dapat Anda atasi membuat Anda berhenti mengkhawatirkan hal-hal dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Ubah nama masalah sebagai pertanyaan

Membingkai ulang masalah sebagai pertanyaan seperti "apa yang harus saya lakukan untuk menyelesaikan masalah ini?" Mengalihkan pikiran Anda dari keadaan khawatir menjadi negara solusi, di mana Anda mulai mencari solusi.

Salah satu alasan buku Getting Things Done karya David Allen telah bertahan adalah karena fokusnya pada konteks. Ini adalah bentuk kompartementalisasi di mana Anda hanya bekerja yang dapat Anda kerjakan.

Misalnya, jika sebuah karya membutuhkan komputer, Anda hanya akan melihat pekerjaan ketika Anda berada di depan komputer. Jika Anda mengemudi, Anda tidak dapat melakukan pekerjaan itu, jadi Anda tidak akan melihatnya.

Pilih satu hal untuk fokus

Untuk menjadi lebih baik dalam memisahkan, lihat di sekitar lingkungan Anda dan cari tempat di mana Anda dapat melakukan jenis pekerjaan tertentu.

Membawa anjing Anda berjalan-jalan dapat menjadi saat Anda hanya berfokus pada pemecahan masalah proyek, berangkat ke dan dari tempat kerja dapat menjadi waktu yang Anda habiskan untuk membaca dan mengembangkan keterampilan Anda dan waktu antara pukul 10 pagi sampai 12 siang bisa menjadi waktu yang Anda habiskan untuk telepon memilah masalah klien.

Setelah Anda membuat keputusan tentang kapan dan di mana Anda akan melakukan berbagai jenis pekerjaan, membuatnya tetap. Jadwalkannya. Setelah itu menjadi kebiasaan, Anda berada di jalur yang benar untuk menggunakan kekuatan kompartementalisasi agar menjadi lebih produktif.

Kompartementalisasi menghemat stres Anda

Kompartementalisasi adalah keterampilan yang memberi Anda waktu untuk menangani masalah dan bekerja untuk menyingkirkan semua gangguan lainnya.

Ini berarti Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat dan ini memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang ingin Anda habiskan lebih banyak waktu, melakukan hal-hal yang ingin Anda habiskan lebih banyak waktu untuk melakukannya.

Artikel Terkait

Bagaimana Orang-Orang Produktif Memilah Waktu Mereka?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email